Blog Klumeum. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Memilih Motherboard yang Bagus

KLUMEUM - Pemilihan motherboard yang bagus adalah salah satu cara untuk meningkatkan bagus atau tidaknya perfoma komputer kita. Motherboard memiliki fungsi yaitu menghubungkan satu perangkat keras dengan perangkat keras lainnya. Salah satu contohnya adalah sebagai penghubung erangkat keras sebagai contoh yaitu VGA, RAM, Prosesor, Power Suply, Printer, dan masih banyak lainnya gan. Motherboard berarti papan induk, dengan arti seperti ini kita sudah tahu dong induk itu apa?

Apabila anda sudah mengerti mengenai Motherboard dan fungsinya akan saya jelaskan bagaimana cara memilih motherboard yang bagus. Sebelum anda tahu cara memilih motherboard yang bagus, ada harus mengerti inti makna motherboard itu sendiri. Berikut ulasan pengertian motherboard menurut website Wikipedia :

Papan induk atau yang kita kenal motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC atau Macintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian lain dari Motherboard atau dengan kata lain mainboard adalah papan utama berupa pcb yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.

Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Menurut saya akan lebih jelas lagi apabila anda mengunjungi websitenya secara langsung agar kalian lebih mengerti dan lebih paham tentunya. Inilah laman pembahasan motherboard oleh wikipedia : Klik disini (Dalam Bahasa Indonesia)

Oke akan saya mulai saja cara memilih motherboard yang bagus. Berikut Tips cara memilih motherboard yang bagus :

1. Pilih motherboard sesuai apa yang anda perlukan.

Memilih motherboard memanglah hal yang tidak mudah. Pada saat ingin memilih motherboard di toko toko, biasanya kita digiurkan oleh keinginan kita sendiri, tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, anda saat ini sedang kuliah. Di saat kuliah inilah anda diberi tugas untuk menggarap skripsi, tetapi anda tidak ingin terus menerus pergi ke warnet untuk menggarap skripsi. Maka dari sinilah anda bertekad untuk memiliki komputer sendiri.

Untuk memiliki komputer pasti anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan juga anda harus juga merakitnya. Terutama anda harus membeli komponen komponen yamg diperlukan agar komputer anda terbuat total. Nah pada saat kalian membeli komponen motherboard, disinilah anda diuji. Anda harus memilih antara motherboard yang berfungsi untuk menggarap skripsi dengan harga yang sedang tetapi tidak bisa untuk bermain game atau memilih motherboard yang bagus untuk game dengan harga murah tetapi tidak cocok untuk menggarap skripsi.

Tetapi ingatlah bahwa anda kuliah tidak untuk bermain game, anda dikuliahkan dengan mati matian oleh keluarga anda untuk mencari ilmu dan sukses kedepannya. Kecuali bagi anda yang memiliki kerja sampingan yaitu sebagai youtubers sekaligus gamers yang menampilkan video game di channel youtube anda. Apabila anda bukan youtubers yang setiap harinya bermain game, maka saya sarankan untuk memilih motherboard yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Jadi intinya, motherboard itu digunakan oleh orang yang pas dengan motherboard tersebut.

2. Pilih motherboard yang memiliki kualitas tahan lama.

Motherboard yang kita kenal kini memang sudah berkembang pesat kualitasnya dibandingkan dengan motherboard jaman dahulu. Janganlah anda tergiur dengan motherboard yang memiliki harga yang murah. Karena dengan harga yang murah tersebut, motherboard biasanya kualitasnya jelek dan mudah rusak. Walaupun harga mahal tetapi bagus untuk kedepannya. Mending pilih harga murah tetapi bayar berkali kali atau harga yang mahal tetapi hanya membayar sekali? Think again.

3. Pilih motherboard yang sesuai dengan budget.

Budget memanglah penting untuk menaksir motherboard apa yang dapat kita beli. Dengan memiliki budget yang besar, kemungkinan besar juga kita dapat membeli moherboard yang bagus. Walaupun begitu, bagi anda yang masih pelajar dan keuangan masih menggantung dengan orang tua kalian, saya sarankan agar memilih motherboard yang biasa biasa saja tetapi pilihlah yang memiliki kualitas yang bagus. Maksud saya dengan biasa biasa saja adalah tidak memiliki hal yang menonjol. Karena dengan motherboard yang biasa biasa saja, orang tua kalian tidak akan terberatkan oleh permintaan kalian.

Oke gan mungkin cukup sekian pembahsannya :D sorry dan maaf kalau pembahasannya kurang berkenan dan kurang lengkap :( Apabila kurang lengkap mengenai pembahasan diatas, anda dapat mengambil info lainnya dari Google :D oke sekian sampai jumpa di artikel berikutnya :D
Tag : Komputer
0 Komentar untuk "Cara Memilih Motherboard yang Bagus"

→ Berkomentarlah Dengan Kata Kata dan Kalimat Yang Relevan.
→ Berkomentarlah Dengan Kata Yang Halus Tanpa Membuat SARA.
→ Hargailah Komentar Orang Lain.
→ Jangan Melakukan SPAM Komentar.
→ Jangan Menaruh Link Aktif Di Komentar.
→ Jangan Saling Menghina Di Komentar.

Back To Top