Blog Klumeum. Diberdayakan oleh Blogger.

Cara agar Tidak Tertidur Setelah Sahur

KLUMEUM - Tertidur setelah sahur memang dialami oleh sebagian besar orang muslim. Tertidur setelah sahur memang memiliki resiko yang sangat besar, resikonya adalah makanan yang kita makan pada saat sahur tidak dicerna maupun diolah oleh lambung, dicerna maupun diolah sih iya, tetapi hanya sebagian saja, dan hal tersebut memakan waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena anda tertidur. Apabila anda tertidur, semua organ dalam akan meminimalkan pekerjaan mereka. Jadi apabila anda tertidur, organ dalam tidak akan bekerja secara maksimal.

Organ dalam manusia memang harus diistirahatkan, agar tidak mengalami gangguan yang parah. Orang yag selalu bekerja dan tidak pernah beriisitirahat mungkin dapat mempercepatkannya dalam jurang kematian. Orang orang yang seperti itu biasanya adalah pekerja bangunan, orang kantoran, TNI dan PNS (pegawai negara sipil). Walaupun tugas anda sangat berat, anda seharusnya memiliki ide agar pekerjaan anda dapat terselesaikan dengan cepat.

Oke kembali kepermasalahan resiko akibat tertidur setelah sahur. Selain resiko diatas, ada resiko lagi yang dapat membuat anda semakin terburuk dalam urusan agama, resiko kali ini adalah ketinggalan sholat shubuh. Sholat shubuh memanglah penting untuk masalah dunia dan akhirat. Memang sih cara untuk agar tidak tertidur setelah sahur. Tetapi disini saya akan membagikan cara yang saya ciptakan agar tidak tertidur setelah sahur, berikut caranya :

1. Tidurlah lebih awal, jangan malam malam.
Tidur terlalu malam akan menyebabkan anda akan terbangun pada siang hari. Tidur terlalu malam juga beresiko tinggi bagi kesehatan tubuh. Tubuh anda bisa tidak sehat apabila tidur terlalu malam. Tidur terlalu malam juga berisok untuk tidak bangun pada saat sahur. Apabila anda bertugas atau bekerja untuk tidak tidur, maka minumlah kopi agar membantu anda untuk selalu waspada dan tidak mengantuk. Apabila anda sudah tidak mengantuk lagi, maka anda bisa melakukan sahur sekalian sholat shubuh tepat waktu.

2. Minumlah kopi pada saat sahur.
Minuman kopi memang dipercaya sebagai minuman yang dapat membuat mata menjadi tidak mengantuk. Di kalangan orang yang bertugas menjaga tempat agar tidak ada kejadian pencurian, biasanya orang tersebut meminum kopi agar tetap waspada dalam kejadian apapun. Apabila anda sudah tidur awal, tetapi pada saat sahur ingin tidur lagi, maka minumlah secangkir kopi. Loh gan, kan kita ngantuk mana bisa bikin kopi? buatlah kopi tersebut sebelum anda tertidur, dan jangan lupa berilah penutup pada gelasnya. Mencegah terjadinya cicak yang jatuh.

3. Pasang alarm sekeras dan sebanyak mungkin.
Memasang alarm digunakan agar kita terbangun pada saat jam yang kita butuhkan. Alarm terdiri dari 2 jenis. Alarm sungguhan dan alarm nyata. Alarm sungguhan adalah jam, handphone, radio, dll. Sedangkan alarm nyata adalah suara yang datang dari orang tua akibat ente tidak bangun bangun >.< oke ke pokok masalah. Alarm digunakan oleh siswa agar tidak terlambat sekolah. Tidak salah apabila alarm digunakan juga agar tidak terlambat sahur. Apabila anda memasang alarm pada jam di saat anda ingin tidur, saya percaya telinga anda akan merasakan keberisikan alarm tersebut.

Tetapi apabila anda memasang alarm di handphone anda juga harus pintar dalam memilih tema lagu alarm tersebut. Saya sarankan agar lagu yang digunakan untuk alarm adalah lagu slow. Karena dapat membuat anda semakin nyenyak tertidur. Pilihlah lagu yang metal, rock, dll. Pokoknya dapat membuat bising di telinga. Seperti halnya suara mobil polisi dan ambulan. Apabila anda tidak merasakan bising akibat suara tersebut, pilihlah jenis suara yang lainyang membuat anda emosi dan mulai terbangun.

4. Sedikitkan makan pada saat sahur.
Menyedikitkan makan pada saat sahur memang berisiko lapar pada saat puasa. Apabila pada saat sahur kita memakan nutrisi yang sedikit, maka tubuh kita akan tidak mampu untuk mengerjakan aktifitas seperti biasanya. Lain kasus pada kali ini, kalian lebih mementingkan agar tidak lapar atau mementingkan untuk tidak bolong sholat? memakan makanan yang banyak dan sampai kekenyangan pada saat sahur, dapat membuat tubuh menjadi mengantuk, entah saya tidak tahu alasannya. Tetapi saya sarankan untuk bab ini menyedikitkan berarti agar tidak makan sampai kenyang itu saja, pokonya cukup.

5. Jangan bermain handphone dengan tertidur setelah sahur.
Memainkan handphone secara tertidur setelah sahur dapat membuat tubuh anda lama kelamaan mengantuk. Hal ini disebabkan karena mata anda baru saja terbuka, pasti masih mengalami ngantuknya tidur. Nah pada saat anda sahur, kantuk tersebut masih terngiang dan tidak akan hilang. Hal tersebut meranjak hingga anda bermain handphone. Mata anda yang ngantuk tersebut tidak kuat menerima cahaya yang berasal dari handphone. Kemudian mata anda lelah lalu anda tertidur. Begitu skema yang saya amati melalui kehidupan saya sehari hari.

6. Apabila anda di kos kosan, suruh teman anda untuk saling berjaga apabila ada yang tertidur.
Cari teman kos yang anda percayai untuk menjaga anda apabila anda tertidur setelah sahur. Ingat! pilihlah yang sangat anda percayai, apabila anda menyuruh teman yang tidak anda percayai bisa bisa anda pada saat tertidur tidak dibangunkan malah disetelkan lagu pembawa tidur >.< Memang sih teman yang semacam ini sangat tidak enak tetapi, anda bisa belajar dari hal ini. Memilih teman yang baik dapat membuat anda untung.

7. Bermain game di laptop.
Bermain game di laptop dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. Bermainlah dengan cara duduk, karena duduk dapat membuata anda kesulitan tidur apabila anda merasakan sulit tidur maka anda tidak tertidur pada saat setelah sahur. Walaupun saya tidak pernah memakai cara ini, tetapi saya percaya dengan cara ini anda akan tidak tidur pada saat setelah sahur,

8. Cubit kulit anda.
Dengan mencubit kulit, anda akan kembali sadar. Dengan mencubit berkali kali, tubuh anda akan merasakan sakit. Sakit inilah yang nantinya akan melawan kantuk anda sekalian. Dengan sakit akibat cubitan, saya yakin anda akan merasakan sadar dan tidak merasakan tidur. Apabila tidak bangun coba tampar paha anda hingga merah. Apabila tidak bisa, cobalah mencabut bulu kaki anda :v pasti anda akan merasakan sakit dan kemudian bangun dari kantuk anda. Walaupun cara ini tidak pernah saya pakai, tetapi kemungkinan bisa kok gan.

Info diatas memang tidak 100% untuk berhasil, tetapi apabila anda memiliki cara alain dan ingin untuk membagikan kepada saya silahkan tulis komentar dibawah. Apabila anda ingin menulis artikel tetapi tidak memiliki blog, silahkan tulis artikelmu disini = Submit Article. Apabila artikel anda lulus uji coba maka artikel anda akan dipublikasikan. Sekian informasi dari saya apabila berkenan silahkan komentar dan bagikan :D terima kasih.
Tag : More
0 Komentar untuk "Cara agar Tidak Tertidur Setelah Sahur"

→ Berkomentarlah Dengan Kata Kata dan Kalimat Yang Relevan.
→ Berkomentarlah Dengan Kata Yang Halus Tanpa Membuat SARA.
→ Hargailah Komentar Orang Lain.
→ Jangan Melakukan SPAM Komentar.
→ Jangan Menaruh Link Aktif Di Komentar.
→ Jangan Saling Menghina Di Komentar.

Back To Top